Tips Memilih Kursi Kereta Api Paling Nyaman

Banyak yang menganggap perjalanan naik kereta api itu lama dan membosankan. Anggapan itu nggak sepenuhnya salah karena setiap orang punya selera yang berbeda-beda. Buat saya pribadi, perjalanan dengan kereta api justru menyenangkan, asalkan bisa mendapatkan kursi kereta api yang nyaman.

Kursi kereta api buat saya itu krusial banget. Supaya perjalanan yang panjang itu terasa menyenangkan, saya selalu berusaha milih kursi kereta api yang paling nyaman. Gimana sih cara memilih kursi kereta api yang paling nyaman? Oke, saya coba jelaskan caranya satu per satu di bawah ya.

Semua kursi kereta eksekutif nyaman

Kalau bicara soal kenyamanan, udah pasti kursi kereta api eksekutif adalah yang paling nyaman dibandingkan kereta bisnis atau ekonomi. Secara, harganya juga beda ya. Selain harga dan waktu tempuh, hal yang paling membedakan antara kereta api eksekutif, bisnis, dan ekonomi adalah kenyamanan kursinya.

Saya pernah punya pengalaman jalan dari Jakarta ke Yogyakarta naik kereta eksekutif. Nah, sesampainya di Yogya saya langsung masuk kerja. Ajaibnya, saya sama sekali nggak merasa capek dan bisa langung beraktivitas normal! Salah satu penyebabnya adalah karena kenyamanan yang saya dapet di dalam kereta eksekutif.

Kursi nyaman di kereta bisnis

Dibandingkan kereta eksekutif dan ekonomi, saya lebih suka naik kereta bisnis. Selain karena harganya lebih terjangkau, kereta bisnis juga nyaman banget. Pertama, kursi yang ada di kereta bisnis lebar-lebar, jadi bisa selonjoran. Kedua, kecepatan kereta bisnis nggak terlalu tinggi, jadi gunjangannya nggak separah kereta eksekutif.

Saya paling suka pilih kursi bagian tengah, bukan bagian depan atau belakang dekat bordes (sambungan gerbong). Alasannya, kalau duduk di dekat bordes saya suka susah tidur karena banyak orang yang lalu-lalang buka-tutup pintu untuk ke toilet. Waktu pintu dibuka, itu suaranya berisik banget, jadi kurang nyaman.

Kursi aman di kereta ekonomi

Kalau udah naik kereta ekonomi, saya rasa susah banget untuk mengejar kenyamanan. Yang penting, aman aja dulu deh. Sisanya ya dinyaman-nyamanin sendiri aja. Menurut saya, paling aman naik kereta ekonomi itu duduk di pojok deket jendela. Alasannya ada tiga. Pertama, kita bisa senderan ke dinding kereta kalau bosen.

Kedua, kita bisa istirahat dengan lebih nyaman. Jiwa sosial penumpang kereta ekonomi itu gede banget. Hampir setiap naik kereta ekonomi saya selalu dengar dan ikutan ngobrol dengan penumpang lain di kanan kiri. Nah, kalau kita emang mau istirahat dan nggak mau berinteraksi dengan penumpang lain, kursi pojoklah solusinya.

Ketiga, selain dekat dengan jendela dan bisa nyender, kursi di pojok juga memudahkan kita kalau mau nge-cas hape. Secara, kereta sekarang udah dilengkapi dengan dua colokan di setiap kursi. Kalau kita duduk di pojok, kita bisa “mendominasi” penggunaan colokan itu tanpa perlu khawatir hapenya hilang.

Kesimpulannya?

Kesimpulannya, kalau mau cari keamanan ya naik kereta eksekutif. Kalau temen-temen pingin naik kereta dengan harga murah tapi tetap nyaman, pilihlah kereta bisnis. Terakhir, kalau bujetnya emang tipis ya nggak ada pilihan lain kecuali naik kereta ekonomi. Dinikmatin aja, yang penting bisa sampai tujuan dengan selamat…

Btw, penjelasan di atas itu pengalaman pribadi saya aja ya. Boleh setuju, boleh juga tidak. Intinya, saya cuma mau sharing pengalaman aja. Mungkin teman-teman punya pengalaman yang lebih seru dan menarik soal gimana cara milih kursi kereta yang nyaman.  Semoga bermanfaat!

 

Baca cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *