Tips dan Rute Perjalanan ke Penangkaran Rusa Cariu

Di penangkaran rusa Cariu, kita bisa bebas bercengkrama dengan rusa-rusa yang jinak. Kita bisa memberi makan mereka, sekaligus berfoto dari jarak yang cukup dekat.

Kalau di artikel sebelumnya saya membahas soal penangkaran rusa di Cariu secara umum, kali ini saya mau kasih beberapa tips singkat plus rute perjalanan ke sana. Semoga artikel di bawah ini bisa bikin liburan kalian lebih berkesan. Selamat menikmati!

Jangan Pakai Sendal Jepit

Kalau mau berkunjung ke tempat wisata ini, usahakan tidak memakai sendal jepit. Sebab, medan menuju penangkaran rusa itu cukup terjal. Jalanan didominasi tanah dan bebatuan yang keras dan bisa melukai kaki kalau hanya memakai sendal jepit.

Bawa Bekal dari Rumah

Perjalanan yang cukup panjang pasti akan bikin kita lapar. Nah, ada baiknya bawa bekal dari rumah. Jadi, setibanya di Cariu kita bisa langsung makan. Supaya makannya lebih kenyang, pilih spot yang asik juga, salah satunya di tepi Sungai Cibeet.

Perhatikan Jam Kedatangan

Supaya bisa melihat rusa-rusa di Cariu, ada baiknya datang antara jam 7-10 pagi, atau jam 3-5 sore. Soalnya pada jam-jam itulah rusa-rusa di Cariu keluar mencari makan. Di luar jam itu, mereka lebih banyak bersembunyi di dalam hutan.

Perhatikan Musim

Selain jam kedatangan, musim kunjungan juga harus diperhatikan. Saat musim hujan, penangkaran rusa ini akan terlihat hijau. Tapi harus hati-hati karena jalanan akan lebih licin. Saat musim kemarau, pemandangan berubah warna menjadi coklat.

Fisik Harus Prima

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik, baik kendaraan maupun fisik pengemudinya. Soalnya, medan jalan menuju spot wisata ini cukup terjal. Pengunjung juga akan bertemu truk-truk berbadan besar yang menuju ke arah Cianjur.

Untuk sampai di penangkaran rusa Cariu, teman-teman bisa mengikuti rute perjalanan di bawah ini:

  • Buat yang datang dari arah Jakarta, Depok, atau Bekasi, silakan ambil jalur menuju Jonggol atau arahkan langsung GPS ke Cariu. Cariu merupakan kecamatan kecil yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Bogor.
  • Kalau melewati rute itu, pengunjung akan melewati Taman Buah Mekarsari. Dari taman buah, silakan ikuti petunjuk arah menuju Jonggol-Cariu-Cianjur. Dari Mekarsari, lokasi wisata ini berjarak lebih kurang 30 kilometer.
  • Kalau datang dari arah Jakarta, letak lokasi wisata ini ada di sebelah kiri jalan. Ada sebuah plang besar bertuliskan “Wanawisata Penangkaran Rusa” tidak jauh dari taman makan Heaven Memorial Park Jonggol. Lalu, silakan belok kiri.

 

Baca cerita lainnya

1 Komentar

  1. Thank you for your entire labor on this web page. Kim enjoys setting aside time for research and it’s really easy to see why. My partner and i know all concerning the compelling ways you present simple guidelines via the web blog and improve response from others on that matter plus our own princess is always studying a great deal. Take pleasure in the remaining portion of the year. You are carrying out a terrific job.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *