Mengenang Pedas Manis Ayam Taliwang

Pulau Lombok tak hanya memiliki kelindahan alam di darat dan lautnya. Lombok juga punya kebudayaan masyarakat yang unik serta cita rasa khas yang tiada tandingannya. Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah Ayam Taliwang.

Secara historis, ayam taliwang sebetulnya bukan berasal dari Pulau Lombok. Ayam bakar yang dikenal dengan rasa pedasnya ini berasal dari wilayah Taliwang, yang merupakan bagian dari Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Letaknya di Pulau Sumbawa.

Ayam taliwang lebih dikenal sebagai kudapan khas Lombok karena kebanyakan penjual ayam taliwang menjajakan barang dagangannya di Lombok. Sebab, Lombok memiliki pangsa pasar yang besar dan merupakan salah satu destinasi wisata internasional.

“Wuidih! Banyak juga ya porsinya. Ada lalapannya juga. Ya harga Rp 45 ribu worth it lah kalo dapetnya ayam segede gini,” kata Beri, saat pertama kali melihat ayam taliwang yang disajikan penjual di Mataram ketika itu.

Waktu berkunjung ke Lombok beberapa waktu lalu, saya dan Beri teman perjalanan saya mencicipi langsung cita rasa ayam taliwang. Kami membeli ayam taliwang yang dijual di sekitar jalan utama yang membelah kota Mataram. Rasanya memang enak!

Daging ayam taliwang yang saya nikmati sangat lembut dan mudah terlepas dari tulangnya. Soal rasa, ayamnya sebetulnya terasa agak manis, yang bikin pedas adalah cabai dan sambal terasi yang disajikan bersama dengan plecing kangkung.

Plecing kangkung merupakan sajian pelengkap ayam taliwang yang disajikan di atas piring pipih. Sajian ini berupa lalapan daun kangkung yang disertai dengan sambal terasi, kol, kacang, tomat, dan juga beberapa campuran sayuran lainnya.

Kalau mampir ke Lombok, jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi cita rasa ayam taliwang yang sudah mendunia. Nikmati kelezatan kuliner khas nusantara dan tingkatkan rasa cinta terhadap Indonesia. Selamat makan semuanya…

 

 

Baca cerita lainnya

1 Komentar

  1. I needed to draft you that little bit of word to thank you the moment again for the breathtaking basics you’ve featured on this website. It was incredibly open-handed with people like you to make without restraint what some people would’ve advertised as an electronic book in making some cash for themselves, principally given that you might well have done it if you ever desired. The basics also acted as the easy way to be certain that someone else have similar zeal the same as my personal own to learn good deal more in terms of this issue. I am certain there are some more fun times in the future for many who check out your site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *