Mengenal Sate Bulayak, Kudapan Khas Pulau Lombok

Tak lama setelah sampai di Mataram, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Pantai Senggigi. Selain mau melihat momen matahari terbenam di sana, kami juga bermaksud untuk berwisata kuliner. Kami pun menemukan Sate Bulayak yang merupakan salah satu kudapan khas Pulau Lombok.

Sate bulayak merupakan sate dari daging sapi yang dicampur dengan bumbu kacang dan santan. Berbeda dengan sate ayam atau kambing yang sering ditemukan di Jawa, bumbu kacang sate bulayak sangat lembut dan berwarna kekuningan menyerupai kari.

“Sate ini dari daging sapi biasa terus dipotong tipis-tipis. Kalau bumbunya ini campuran kacang dan sedikit santan. Paling enak memang pakai lontong mas,” kata mbak penjual satenya.

Soal rasa, sate ini cukup enak. Dagingnya lembut karena kelihatan dipotong tipis-tipis. Jadi memudahkan kita untuk mengunyah dan mencernanya. Yang paling membedakan sate yang satu ini dengan sate lainnya tentu saja bumbu karinya yang khas.

Kalau makan di restoran, dengar-dengar sate ini cukup mahal. Tapi kalau beli di pedagang kaki lima harganya sekitar Rp 15 – 20 ribu. Waktu itu kami beli Rp 25 ribu plus kelapa muda yang masih segar. Lumayan murah kan?

Baca cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *