Menepi Dalam Keheningan Curug Cipamingkis Jonggol

Menikmati liburan tidak harus dengan traveling ke tempat yang jauh dan memakan biaya besar. Buat saya, liburan yang berhasil itu dinilai dari kualitas liburan itu sendiri, bukan seberapa jauh kaki melangkah atau seberapa banyak uang yang kita habiskan.

Nah, kali ini saya memutuskan pergi ke Curug Cipamingkis. Sebuah air terjun cantik dan sepi pengunjung yang ada di wilayah Jonggol, Kabupaten Bogor. Spot ini pas untuk menepi sejenak, menyepi dari hiruk-pikuk kota, dan merangkai mimpi untuk masa depan.

Selain letaknya hanya 60 kilometer dari Jakarta, wahana wisata Curug Cipamingkis juga menyajikan suasana alam nan indah ditambah dengan udara yang segar. Suasana alam khas pegunungan dijamin akan membuat kamu ingin berlama-lama di tempat ini.

Curug Cipamingkis berada di sebuah lembah yang terletak di bagian selatan pusat kota Jonggol, tepatnya di bukit Cipamingkis. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 25 meter. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati liburan singkat di akhir pekan.

“Air terjunnya bagus dan masih bersih. Akses dari tempat parkir ke lokasi juga aman, treknya tidak terlalu berat. Suasana daerah sekitar sangat sejuk, mirip dengan Puncak. Ditambah lagi kendaraan yang melintas sangat sedikit,” kata Imam, pengunjung dari Bekasi.

Sebelum berangkat, ada baiknya kamu menyiapkan fisik dengan baik. Selain itu, pastikan juga kondisi kendaraanmu dalam kondisi prima. Soalnya, kamu akan menemukan banyak tanjakan terjal dengan kemiringan mencapai 30 derajat menuju air terjun itu.

Selain menikmati keindahan Curug Cipamingkis, kamu juga bisa singgah sejenak di Curug Ciherang. Air terjun ini letaknya hanya 800 meter dari pintu masuk Curug Cipamingkis. Kedua wahana wisata alam ini berada di bawah pengawasan Perhutani.

Biaya masuk perorang sebesar 10.000 rupiah. Kamu juga akan dimintai biaya tambahan administrasi dari perhutani sebesar 3.000 rupiah. Para pengguna motor akan dikenai biaya parkir sebesar 2.000 rupiah, sedangkan pengguna mobil 4.000 rupiah.

Rute Perjalanan:

  1. Kalian bisa melalui jalan raya Jonggol-Cariu melalui jalur Cibubur dan melewati depan Taman Buah Mekar Sari. Ambil jalan lurus menuju ke arah Cianjur.
  2. Untuk memastikan agar tidak kelewatan, arahkan GPS kalian menuju Polsek Jonggol. Buat yang nggak punya GPS, silakan tanya warga sekitar letak Polsek Jonggol.
  3. Setelah menemui Polsek Jonggol, silakan ambil rute menuju Dayeuh. Dari jalan raya Dayeuh, kalian tinggal lurus sampai menemui pertigaan menuju Kota Bunga atau Sentul.
  4. Ambil arah menuju Kota Bunga. Sekitar 8 km dari pertigaan tadi, kalian akan menemui pertigaan dengan petunjuk menuju Gunung Batu atau Curug Cipamingkis.
  5. Silakan ambil arah kanan menuju Curug Cipamingkis. Dari pertigaan itu, lokasi curug sekitar 4,8 km. Tapi tanjakan terjal membuat perjalan terasa lebih berat.

 

Baca cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *