Liburan Seru di Pantai Cemoro Sewu

Pantai cemoro sewu travelusmuliawan

Beberapa waktu lalu saya sempat berkunjung ke pantai Cemoro Sewu, pantai dengan banyak pohon cemara yang pemandangannya instagramable banget. Saking bagusnya, pantai Cemoro Sewu jadi salah satu objek wisata favorit buat anak-anak muda di Yogyakarta. Sebagus apa sih?

Sebelum bicara lebih jauh tentang pantai Cemoro Sewu, saya mau ngasih tau dulu dimana lokasi pantai ini. Pantai Cemoro Sewu berada di antara pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo, tepatnya di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pantai itu paling mudah dijangkau dengan membawa kendaraan pribadi. Soalnya, setahu saya tidak ada angkutan umum dengan rute tersebut. Kalaupun ada, jarak dari pintu masuk objek wisata sampai ke pantai ini cukup jauh, kira-kira sekitar 2 kilometer.

Pohon cemara di pinggir pantai

Keberadaan pohon-pohon cemara yang indah di area pantai menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai Cemoro Sewu. Selain membuat suasana menjadi teduh, pohon-pohon cemara itu juga menjadikan pantai ini tampak lebih indah. Hal itulah yang membuat pantai ini ramai dikunjungi muda-mudi.

Di pantai ini, kita bisa melihat deretan pohon cemara yang berbaris rapi. Terkadang kita juga bisa melihat sinar matahari yang menembus dari sela-sela dedaunan, sehingga suasananya terasa lebih epik. Nah, pemandangan inilah yang membuat pantai Cemoro Sewu tampak instagramable.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, pantai Cemoro Sewu juga menjadi spot menarik untuk pemotretan prewedding. Banyak pasangan memilih mengabadikan momen spesial mereka di tempat ini. Agar makin menarik, pengelola juga menambahkan beberapa dekorasi unik untuk berfoto di pantai ini.

Sama seperti pantai-pantai di selatan Pulau Jawa yang lainnya, pantai Cemoro Sewu juga memiliki gelombang ombak yang besar. Selain pantai Cemoro Sewu, dalam satu kawasan objek wisata ini juga terdapat pantai Depok, yang hanya berjarak sekitar 500 meter sebelah barat pantai Cemoro Sewu.

Gumuk pasir yang legendaris

Selain punya barisan pohon cemara yang indah, kita juga bisa menemukan Gumuk Pasir di pantai Cemoro Sewu. Gumuk Pasir yang sangat unik ini merupakan tumpukkan pasir yang membentuk bukit. Bukit pasir ini terletak di sebelah utara pantai dan hutan cemara.

Kalau berminat main-main di sana, pastikan gunakan alas kaki yang tebal. Sebab, pasir itu sangat panas, apalagi kalau datang pada siang hari. Supaya aman, sebaiknya berkunjung pada sore hari agar tidak terlalu panas. Jangan lupa, gunakan tabir surya di kulit terlebih dulu supaya kulit tidak gosong terbakar.

Tidak cuma untuk berfoto, Gumuk Pasir juga sering digunakan untuk bermain ski pasir atau sand boarding. Kalau tertarik untuk mencobanya, kita bisa sewa papan seluncurnya di sana. Untuk biaya sewanya saya lupa. Yang pasti harganya tidak terlalu mahal dan sebanding dengan sensasi yang dirasakan.

Ngomong-ngomong, berapa biaya masuk ke pantai Cemoro Sewu? Untuk menikmati keindahan pantai ini, kita harus membayar Rp 5.000 perorang di gerbang utama pantai Parangtritis atau Parangkusumo. Untuk mobil kena biaya tambahan Rp 10.000, sedangkan biaya masuk motor sebesar Rp 5.000.

Setelah masuk gerbang utama, kita tidak dikenakan biaya tambahan lagi, kecuali jika kita mau mampir ke kebun bunga atau beberapa spot foto yang disediakan di sekitar pantai. Biaya spot foto itu rata-rata Rp 5.000 perorang. Biaya tambahan sebesar Rp 30.000 juga dikenakan jika ingin foto prewedding.

Kalau berminat datang ke pantai Cemoro Sewu, selalu berhati-hati ya. Sebab, jalan raya menuju ke pantai seringkali kosong, sehingga banyak orang memacu kendaraannya dengan cepat. Padahal, di kanan dan kiri jalan banyak pengunjung yang singgah sejenak untuk berfoto di antara barisan pohon pinus.

Selamat berlibur!

Baca cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *