Curug Ciherang Jonggol, Alternatif Wisata Murah di Pinggir Jakarta

Kalau berniat datang, jangan terlalu siang. Kalau terlalu siang, keindahan Curug Ciherang keburu diambil orang.

Perjalanan saya di Jonggol berlanjut ke Curug Ciherang. Sebetulnya kunjungan kali ini tidak diniatkan. Saya dan beberapa teman berencana mampir ke Curug Country di wilayah Cariu. Tapi setelah memeriksa di sosial media, ternyata debit air di Curug Country sedang kecil. Jadi, kecantikan air terjun yang sering disebut sebagai Niagara mini itu tak akan terlihat jelas.

Curug Ciherang berketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini merupakan salah satu spot wisata favorit di kawasan Jonggol dan sekitarnya. Tak heran kalau setiap akhir pekan spot ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah.

Curug Ciherang berada sekitar 1 km dari Curug Cipamingkis yang sudah saya tulis sebelumnya. Kalau datang dari arah Jonggol kota, air terjun ini berada sebelum Cipamingkis. Letaknya sekitar 1 km dari jalan utama Jonggol-Cipanas.

Curug Ciherang menyajikan pemandangan berupa air terjun dengan aliran yang cukup deras. Buat yang bernyali besar, kamu bisa berendam tepat di titik jatuhnya air. Kata orang-orang, rasanya enak seperti dipijit-pijit.

Buat yang ingin sekadar bersantai, kamu bisa bermain-main air di kolam-kolam kecil di sepanjang aliran air. Berendam di kolam-kolam itu sangat menenangkan. Apalagi kolam-kolam itu berada di bawah pepohonan yang rindang.

Belum Dikelola dengan Baik

Untuk masuk ke air terjun ini, pengunjung dimintai ongkos tiket plus parkir sekitar Rp 15 ribu. Kalau berminat berkunjung ke Curug Ciherang, saya sarankan supaya datang lebih pagi. Sebab, kalau siang sedikit parkiran di sini akan penuh.

Pengelolaan parkir dan biaya masuk di Curug Ciherang terlihat belum profesional. Menurut beberapa warga sekitar, pengelolaan itu dilakukan secara personal oleh seseorang yang punya lahan cukup besar di sekitar wilayah air terjun.

“Dulu biaya masuknya nggak sebesar ini. Sekarang jadi mahal karena dikelola sama orang di atas. Warga juga nggak bisa nikmatin hasilnya,” kata seorang bapak yang tinggal di sekitar wilayah Curug Ciherang.

Kalau berniat datang ke Curug Ciherang, pastikan kendaraan dan fisikmu dalam kondisi prima. Sebab jalan dari tempat parkir menuju ke air terjun cukup melelahkan. Berbeda dengan Curug Cipamingkis yang relatif landai dan rapi.

Baca cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *