Menghabiskan Waktu Luang di Kebun Binatang

Ragunan travelusmuliawan

Kebun binatang selalu menjadi destinasi liburan favorit bagi banyak orang. Selain untuk refreshing, menghabiskan waktu dengan binatang bisa memberikan pengaruh positif untuk psikologis manusia.

Percaya nggak percaya, interaksi dengan binatang bisa membantu mengurangi stres. Situs Huffingtonpost.com pernah menulis bahwa saat berinteraksi dengan hewan, tubuh manusia melepaskan hormon serotin yang membuat seseorang menjadi lebih rileks.

Selain untuk menghilangkan stres, kebun binatang juga cocok banget buat teman-teman yang hobi fotografi. Di kebun binatang, kalian bisa menemukan angle foto yang bagus untuk memomtret berbagai macam binatang tanpa harus bersusah payah pergi ke alam bebas.

Kalau teman-teman sudah berkeluarga dan punya anak, kebun bintang pas dijadikan destinasi liburan keluarga. Menurut penelitian, interaksi dengan binatang bisa melatih rasa empati sejak dini dan membangun kecerdasan anak, terutama dari sisi emosi dan sosial.

Serunya Berkunjung ke Kebun Binatang

Untuk merasakan beberapa manfaat di atas, ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan saat berkunjung ke kebun binatang, di antaranya:

Foto bareng binatang yang jinak

Hal wajib yang harus kalian lakukan saat liburan di kebun binatang adalah foto bareng binatang. Kalau mau foto bersama dari jarak dekat, cobalah untuk berfoto dengan binatang jinak, seperti gajah, unta, atau ular yang jinak.

Jangan lupa ambil angle foto yang unik, supaya foto-foto di sosial media kalian semakin variatif dan mendapat banyak like! Tapi jangan sampai berlebihan dan mengabaikan keselamatan ya. Foto seperlunya aja, yang penting hasilnya bagus dan nggak membahayakan keselamatan.

Mempelajari kehidupan binatang

Selain foto bareng binatang, liburan di kebun binatang akan lebih bermanfaat kalau kalian juga membaca penjelasan tentang binatang yang dilihat. Buat teman-teman yang pernah berkunjung ke kebun binatang, pasti pernah lihat papan informasi tentang sebuah binatang di dekat kandang mereka.

Dari papan informasi itu, kalian bisa mempelajari kehidupan sebuah binatang mulai dari habitatnya, makanannya, atau perkembangbiakannya. Dengan begitu, kalian bisa semakin mengenal mereka. Ingat, pengunjung kebun binatang dianjurkan untuk tidak memberi makanan apapun ke binatang.

Ikutan sirkus di akhir pekan

Setelah berfoto dan mempelajari kehidupan binatang, cobalah datang ke arena sirkus. Jangan cuma nonton, pacu adrenalin kalian dengan turun langsung ke arena sirkus dan beraksi bareng binatang. Cara ini pasti akan membuat liburan kalian semakin berkesan dan tak terlupakan. Silakan dicoba sesekali.

Hampir setiap kebun binatang selalu mengadakan sirkus setiap akhir pekan, di antaranya sirkus singa jinak yang melompati lubang api, aksi lumba-lumba berenang bareng instruktur dan melompat ke udara untuk mengambil makanan, atau aksi monyet-monyet lucu yang berakting seperti manusia.

Biasanya, pemandu sirkus akan menawarkan beberapa penonton untuk bergabung dalam sirkus. Nah, momen ini jadi kesempatan yang pas untuk merasakan sensasi yang berbeda. Pastinya, kalian bisa mendapat foto yang lebih keren ketimbang foto dengan binatang di luar sirkus.

Gimana, seru kan? Jadi, teman-teman bisa memasukkan kebun binatang sebagai salah satu destinasi alternatif saat liburan. Ajak keluarga, teman, atau saudara untuk berinteraksi dengan binatang, ambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari satwa di sana.

*Artikel ini juga tayang di Kompasiana

Baca cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *