Refreshing Sejenak di Kaki Gunung Salak

Kebanyakan orang membahas Gunung Salak hanya dari sisi pendakian saja. Padahal gunung setinggi 2.211 mdlp itu juga memiliki keindahan dan udara yang segar di kaki-kakinya. Kawasan wisata Cidahu yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat adalah salah satu titik terbaik untuk menikmati keindahan alam kaki Gunung Salak.

Wilayah Cidahu dikenal sebagai salah satu jalur favorit para pendaki Gunung Salak. Meski begitu, pengunjung yang tak mau mendaki sampai ke puncak tetap bisa menikmati keindahan alam di kaki gunung. Bentang alam berupa air terjun yang cantik, hutan pinus yang rindang, dan udara dingin khas pegunungan berpadu di Cidahu.

Kalau berniat menghabiskan liburan di Cidahu, disarankan untuk menginap minimal satu malam supaya tidak rugi. Kenapa rugi? Karena pemandangan di sana luar biasa indah! Sayang kan kalau sudah datang jauh-jauh tapi cuma singgah sebentar, kecuali untuk pengunjung yang memang tinggal di daerah Bogor dan Sukabumi.

Berkemah di kaki gunung

Pasti banyak yang bertanya-tanya, apakah ada hotel, losmen, atau penginapan lainnya di daerah Cidahu? Tentu saja ada, tapi bukan hotel atau losmen, melainkan tenda. Cidahu ini memang dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak bumi perkemahan, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Beberapa perkemahan di antaranya adalah perkemahan Batu Tapak, Camp Bravo, Cangkuang, dan Agathis Camp. Semua perkemahan itu menyediakan penyewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya. Mereka juga punya area parkir dan pengamanan yang baik buat kalian yang datang dengan kendaraan pribadi.

Saat malam, cobalah bergeser sedikit ke arah selatan. Kita bisa melihat gemerlap lampu yang menerangi wilayah kota Sukabumi dan sekitarnya. Luar biasa cantik! Itulah alasan kenapa setiap pengunjung disarankan untuk menginap saat berwisata ke Cidahu. Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah bulan Juni – September.

Biayanya Terjangkau

Seperti bumi perkemahan pada umumnya, setiap perkemahan di Cidahu juga menetapkan biaya menginap per malam. Selain itu, kalian yang akan bermalam di sana juga akan dimintai biaya masuk taman nasional sebesar Rp 5.000. Sebab, semua perkemahan itu masuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak.

Apa perbedaan antara perkemahan-perkemahan itu? Perbedaannya ada di fasilitas yang disediakan. Ada perkemahan yang menyediakan paket-paket khusus dari kelas VIP sampai kelas ekonomis. Beberapa juga memiliki arena khusus untuk outbound dan lapangan luas untuk acara semacam family gathering atau office gathering.

Di perkemahan Batu Tapak misalnya, mereka punya paket khusus yang menawarkan tenda bermuatan 10 orang plus kasur spring bed dan listrik dari PLN. Mereka juga menyewakan perlengkapan masak buat pengunjung yang berniat barberque-an. Harga paket yang ditawarkan tergantung dengan fasilitas yang diminta pengunjung.

Perkemahan-perkemahan tersebut juga dilengkapi dengan akses jalan bebatuan yang langsung menuju ke Curug Undak Dua. Seperti halnya mendaki gunung, jalur menuju air terjun setinggi 15 meter itu menanjak dan menurun. Untuk pengunjung yang suka bertualang di alam bebas, lokasi ini sangat direkomendasikan!

Siapapun yang berminat berkemah di Batu Tapak bisa langsung menghubungi pengelola di email yulius_fanumbi@batutapak.com. Galeri foto tentang keindahan bumi perkemahan ini, testimoni pengunjung, serta paket dan fasilitas yang ditawarkan di Batu Tapak bisa dilihat langsung di situs resminya, yaitu campground.batutapak.com.

Bagaimana soal akses? Jangan khawatir, spot wisata di Cidahu ini bisa dijangkau dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan umum. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 10 kilometer dari jalan raya yang menghubungkan Sukabumi dengan Bogor. Pengunjung wajib selalu berhati-hati karena kontur jalanannya naik-turun dan berkelok.

*Artikel ini juga tayang di Phinemo.

Baca cerita lainnya

1 Komentar

  1. I precisely wished to appreciate you once more. I am not sure the things I would have created without those smart ideas discussed by you over such a situation. It seemed to be a terrifying difficulty in my opinion, however , taking note of the very skilled strategy you dealt with the issue forced me to weep for gladness. I am just grateful for your service and sincerely hope you know what an amazing job you have been accomplishing educating some other people by way of a site. I am sure you have never encountered all of us.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *