Melihat Lebih Dekat Step by Step Pemasangan Panel Lantai

Panel lantai - travelusmuliawan

Panel lantai mulai banyak digunakan sebagai solusi cepat untuk membangun rumah tingkat. Selain pengerjaannya cepat, kualitas panel lantai juga sudah teruji.

Di artikel sebelumnya saya sempat menulis tentang pengenalan apa itu panel lantai. Kalau belum tau apa itu panel lantai, silakan mampir ke artikel saya yang sebelumnya, ya.

Di artikel ini, saya mau ceritakan step by step pemasangan panel lantai dari awal sampai lantai bisa digunakan. Langsung aja disimak, ya!

1. Persiapan Panel

Pertama, panel lantai akan dikirim dari gudang menuju ke rumah dengan truk. Jumlah panel yang dikirimkan sesuai dengan luas area yang mau didak atau ditingkat.

Setelah sampai di rumah, tahap kedua adalah menurunkan panel lantai dari truk. Waktu diturunkan dari truknya, panel ini akan langsung disusun supaya mudah untuk dipasang.

Berat per panel ini sekitar 80 kilogram. Untuk mindahin panel ini, paling mudah pakai pipa atau bambu yang dijadikan roda.

Setelah panel lantai disusun, tahap ketiga adalah pemasangan katrol. Tim aplikator akan memasang katrol untuk menaikkan panel lantai ini dari bawah ke area yang mau didak.

2. Mengangkat Panel

Setelah katrol terpasang, tahap keempat adalah mengikat panel lantai dengan tali. Tali yang dipake di sini mirip sabuk yang tebal dan keliatannya berbahan dasar kain.

Lalu, satu persatu panel akan diangkat ke ke lantai atas. Pengerjaan ini harus ekstra hati-hati, butuh ilmu dan pengalaman juga.

Kalau masangnya sembarangan, panel ini bisa jatuh, patah, atau mungkin nimpa sesuatu yang ada di lantai bawah.

3. Memasang Panel

Setelah panel dinaikkan, tahap kelima adalah menempatkan panel lantai di atas ring balok. Sama seperti tadi, panel lantai akan dipindahkan dengan cara dikasih roda-rodaan di bagian bawahnya.

Untuk menggeser dan menurunkan panel lantai ke ring balok, aplikatornya menggunakan linggis.

Panel ini harus dipindahkan pelan-pelan dan akurat supaya nggak miring. Selama pemasangan, panel lantai akan diukur ulang. Kalau ada yang panjangnya melebihi balok, panel lantai akan dipotong.

Pemotongan dilakukan dengan menggunakan gerinda potong dan kapak. Oiya, gerinda disini dipakai untuk memotong baja ulir 2 lapis yang ada di dalam beton ringan ini ya, temen-temen.

4. Memberikan Perekat

Setelah semua panel lantai terpasang di tempatnya, tahap kelima adalah memberikan perekat. Aplikator akan menuangkan perekat di sela-sela antara panel lantai yang satu dengan yang lainnya.

Perekat ini mirip dengan perekat hebel, tapi ini lebih cepat kering dan lebih kuat. Oiya, perekat ini udah disediakan sepaket ya sama panel lantainya. Jadi kita nggak perlu beli lagi.

5. Memasang Besi

Setelah dilumuri perekat, tahap ketujuh adalah pemasangan besi. Aplikator akan memasang besi 10 milimeter di sela-sela panel lantai yang tadi dilumuri perekat. Panjang besi ini akan disesuaikan dengan area dak yang kita buat.

Kalo semua besi udah terpasang, aplikator akan mengaitkan perpotongan besi ini dengan kawat. Besi yang dikaitkan dengan kawat cuma besi yang saling bersinggungan ya. Bukan semua besi.

Sama seperti perekat di poin yang keenam, besi 10 mili ini juga udah termasuk dalam paket panel lantai ya.

6. Melakukan Grouting

Masuk ke tahap kedelapan. Setelah besi terpasang, aplikator akan menuangkan mortar atau melakukan grouting.

Sekedar info mortar adalah bentuknya seperti semen. Berbeda dengan perekat yang ada di poin nomer 6, grouting ini bertujuan untuk meratakan sela-sela dan permukaan panel lantai.

Aplikator akan melakukan grouting sampai sela-sela panel lantai benar-benar tertutup rata. Sama seperti perekat dan besi, grouting ini juga udah termasuk paket panel lantai.

7. Finishing

Di tahap ke sembilan, sela-sela panel lantai yang tadi udah dikasih perekat dan di grouting akan dilapisi semen perekat lagi. Jadi, besi 10 mili yang ditanam di sela-sela panel lantai diselimuti 3 lapis semen. Pertama semen perekat, kedua semen perata, ketiga semen perekat lagi.

Nah, di tahap ke-10 atau tahap terakhir, aplikator akan membersihkan permukaan panel lantai dengan sapu lidi dan sendok semen. Sekarang lantai siap untuk digunakan.

Untuk pemasangan ubin bisa dirapihkan pake semen baru deh dikasih keramik sesuai dengan yang kita mau. Kalo panel lantai ini mau dipakai sebagai atap, bisa dilapisi waterproof supaya nggak bocor.

Intinya, panel lantai lebih murah, lebih mudah, dan lebih cepat dipasangnya dari dak konvensional. Kalau tertarik menggunakan panel lantai, silakan hubungi aplikator panel lantai yang kemarin saya gunakan melaui kontak 0812-2334-963 (Pak Haqiqi).

Nikmati cerita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *