Kisah 3D2N Menjelajah Flores Bareng Pak Buang

Kalau nggak ditemani Pak Buang, belum tentu kita bisa foto di spot kayak begini.
Kalau nggak ditemani Pak Buang, belum tentu kita bisa foto di spot kayak begini.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menikmati keindahan Flores. Bisa dengan kendaraan pribadi, bisa naik angkutan umum, atau dengan menyewa kendaraan. Saya dan teman-teman memilih cara terakhir waktu menjelajah Flores pertengahan 2016 kemarin.

Kami berkeliling untuk mengunjungi spot-spot menarik di Flores selama 3 hari 2 malam dengan menyewa mobil. Cara ini kami pilih setelah browsing kesana-kemari. Dari situ kami tau kalau sewa mobil lebih praktis dan santai.

Waktu itu kami menyewa mobil kepada Pak Buang. Beliau adalah sopir asli Maumere, ibukota Kabupaten Sikka. Perjalanan kami dimulai dari bandara Frans Seda, Maumere, Sabtu siang dan berakhir di Labuan Bajo, Senin malam.

Kami menyewa mobil dengan tarif Rp 4.000.000. Tarif itu sudah termasuk bensin, penginapan pak sopir, dan makan pak sopir. Pak Buang bawa mobil Kijang Innova berkapasitas maksimal 8 orang (termasuk supir).

Kalau dihitung-hitung per kepala, ongkos keliling Flores 3 hari 2 malam itu sekitar Rp 500-an. Kelebihan lain yang kami dapat adalah, kita bisa bertanya sesuka hati kepada Pak Buang tentang Flores. Beliau tau banyak hal.

Selain itu, Pak Buang juga tau betul dimana spot-spot foto yang bagus sepanjang perjalanan. Sehingga kita bisa minggir sebentar untuk foto-foto di tepi jalan. Hal semacam ini sulit banget didapatkan kalau naik angkutan umum.

Tapi kalau memang benar-benar ingin merasakan sensasi backpakeran, lebih baik ya naik angkutan umum. Keuntungannya adalah lebih murah dan menantang. Kita juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

Kalau dihitung-hitung, perjalanan Maumere – Labuan Bajo itu sekitar 500 km. Jarak itu hampir sama dengan jarak Jakarta – Yogyakarta. Kalau berminat menyewa mobil Pak Buang, silakan hubungi beliau di nomor 085239271634.

“Saya mulai nyupir keliling Flores sejak tahun 1996, jadi sangat hafal jalan di sini. Hasilnya cukup untuk membiayai anak dan istri,” kata Pak Buang saat menceritakan pengalamannya menjadi sopir mobil lintas Flores.

5 Keuntungan menyewa mobil Pak Buang:

1. Pak Buang itu orang Flores asli jadi tau banyak hal tentang tanah kelahirannya. Kalau penasaran tentang sesuatu tanya aja ke beliau.

2. Meskipun perawakannya hitam, tinggi, dan besar, Pak Buang orangnya ramah banget dan murah senyum. Beliau juga agak pemalu sih.

3. Pak Buang orangnya suka nggak enakan dan nggak ngerepotin. Kalau makan bareng terus mau kita bayarin, beliau suka nggak mau.

4. Mobilnya Pak Buang itu Kijang Innova 2009. Meskipun udah lama, mobilnya masih mulus, bersih, dan rapi. Keliatan banget beliau sangat merawat asetnya itu.

5. Gaya nyupir Pak Buang itu super hati-hati. Ada lubang sedikit aja ngerem dan dilewati pelan-pelan. Pokoknya mengutamakan kenyamanan penumpang banget deh.

Rute perjalanan 3 hari 2 malam berkeliling Flores:

Hari Pertama
1. Bandara Maumere
2. Pusat kerajinan tenun ikat Lepolorun
3. Pantai Koka
4. Bermalam di Moni

Hari Kedua
1. Gunung Kelimutu
2. Taman Perenungan Bung Karno
3. Pantai Batu Hijau
4. Desa Adat Bena
5. Bermalam di Bajawa

Hari Ketiga
1. Pemandian Air Panas Soa
2. Spider Web Cancar
3. Labuan Bajo

By the way, di sela-sela rute yang tertulis di atas, kami juga banyak berenti buat foto-foto pas nemuin pemandangan yang menarik! Pokoknya, nggak rugi deh jalan bareng Pak Buang. Semoga bermanfaat!

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *