Merasakan Sensasi Berenang di Antara Ratusan Ubur-Ubur

Beginilah pemandangan di dalam taman ubur-ubur.
Beginilah pemandangan di dalam taman ubur-ubur.

Selain di Manta Point, Taman Nasional Komodo juga menyimpan keindahan dalam laut di Pulau Sembilan. Di sana, kita bisa merasakan sensasi berenang di antara ratusan ubur-ubur cantik yang menari-nari di dalam air.

Saat tiba di Pulau Sembilan, saya agak bingung karena sekilas pulau itu cuma tampak seperti gundukan tanah di tengah lautan yang luas. Kemudian Pak Rafli dkk mengajak kami bergerak ke sebuah kolam di tengah pulau.

Dari atas, kolam itu terlihat gelap dan dipenuhi sampah organik. Kemudian Pak Rafli meminta saya masuk ke dalamnya. Setelah menyelam ke dalamnya, saya terkejut bukan main! Saya melihat pemandangan langka di sana.

“Taman ubur-ubur ini adalah tempat favorit saya di Taman Nasional Komodo. Ada sangat banyak ubur-ubur cantik yang bikin saya betah berlama-lama di sana,” ujar Suci, teman perjalanan saya.

Di sana saya melihat ratusan ubur-ubur berenang bebas. Kebanyakan dari mereka berwarna kombinasi putih dan biru. Di sana juga ada ikan-ikan kecil yang berenang secara berkelompok di antara terumbu karang yang terlihat seperti dedaunan dalam akuarium.

Kalau menyelam di sana, usahakan agar selalu mengambang dan tidak menginjak dasar laut. Sebab kalau kita menapakkan kaki di dasarnya, kolam sedalam 1,5 meter itu akan menjadi keruh dan kotor. Pemandangan indah di dalamnya juga tidak akan bisa dilihat.

“Kenapa pulau ini dinamakan Pulau Sembilan, soalnya kalau dilihat dari atas, pulau ini membentuk angka 9. Nah taman ubur-ubur itu ada di lubang angka 9 itu,” kata Fauzi, awak kapal yang mendampingi perjalanan kami.

Kalau berkesempatan datang ke taman ubur-ubur, jangan heran kalau kalian akan sangat takjub melihat keindahan di dalamnya. Tapi jangan berlebihan ya teman-teman. Jadilah pejalan yang beretika. Jangan cuma berpikir untuk menikmati, tapi juga melestarikan.

Cheers!

 

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *