Kepulauan Komodo, Kepingan Nirwana di Timur Indonesia

Keindahan alam di puncak Pulau Padar, salah satu pulau besar di Kepulauan Komodo.
Keindahan alam di puncak Pulau Padar, salah satu pulau besar di Kepulauan Komodo.

Nama Kepulauan Komodo menjadi trending topic di kalangan para pecinta wisata beberapa waktu belakangan ini. Gugusan kepulauan yang berada di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores itu bagaikan surga wisata yang mampu membuat para wisatawan berbondong-bondong mengunjunginya.

Meskipun nama Komodo sudah mendunia, mungkin masih banyak yang bertanya, apa sih yang membuat Kepulauan Komodo selalu jadi destinasi favorit para wisatawan domestik dan mancanegara? Yuk kita mengenal lebih dekat keistimewaan Kepulauan Komodo lewat penjelasan di bawah ini.

Kepulauan Komodo memiliki bentang alam yang mempesona dan menyejukkan mata

Salah satu hal yang paling dicari para wisatawan saat berkunjung ke Kepulauan Komodo adalah pemandangan alam yang indah. Barisan pegunungan yang gersang, pantai-pantai yang eksotis, serta lautan yang biru tampak sangat mempesona dan menyejukkan mata.

Keindahan alam itu bisa dinikmati sejak kapal berangkat dari Labuan Bajo sampai kapal bersandar di Pulau Komodo. Untuk menikmati keindahan itu, pengunjung bisa singgah di Pulau Padar, Pulau Kenawa, Pulau Rinca, Puncak Gili Lawa, Pantai Namong, dan spot lainnya.

Kita bisa melihat dari dekat reptil purba Komodo yang namanya sudah mendunia

Siapapun yang berwisata ke Kepulauan Komodo, sudah pasti ingin melihat dari dekat reptil purba khas Indonesia, Komodo. Predator dengan panjang maksimal 2,5 meter itu sangat fenomenal dan sudah mendunia.

Komodo cuma bisa ditemui di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Untuk masuk ke sana, pengunjung wajib memiliki surat izin dari Taman Nasional Komodo. Selama berada di Pulau Komodo, pengunjung juga akan didampingi ranger berpengalaman dari Taman Nasional.

Tak hanya Komodo, kita juga bisa melihat binatang langka yang hidup di alam bebas

Selain melihat Komodo, pengunjung juga bisa melihat binatang-binatang langka yang hidup di wilayah Taman Nasional Komodo. Misalnya, burung gagak, burung kakatua, burung elang, ikan duyung, ikan lumba-lumba, pari manta, dan masih banyak binatang-binatang lainnya.

Bahkan, paket-paket perjalanan di Labuan Bajo dan sekitarnya juga menawarkan pengunjung untuk menyelami lautan demi melihat sekaligus berinteraksi langsung dengan pari manta dan ubur-ubur. Kedua binatang itu bisa dilihat di Manta Point dan Pulau Sembilan.

Keindahan bawah laut Kepulauan Komodo tak kalah cantik dari Raja Ampat

Selain melihat pegunungan dan pantai yang indah serta berinteraksi dengan binatang langka, pengunjung pasti semakin terpesona kalau melihat keindahan bawah laut Kepulauan Komodo. Terumbu karang di sana masih bersih dan belum terkontaminasi.

Pengunjung yang tidak bisa menyelam tak perlu khawatir, sebaba keindahan itu bisa dinikmati cukup dengan cara snorkeling. Banyak yang mengakui, keindahan bawah laut Kepulauan Komodo tak kalah cantik dari taman laut Raja Amat di Papua Barat.

Share this article to Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *