Panduan Singkat Berkunjung ke Sota

Mobil Hi-Line berpenggerak empat roda ini adalah salah satu angkutan utama menuju Sota selain Damri.
Mobil Hi-Line berpenggerak empat roda ini adalah salah satu angkutan utama menuju Distrik Sota dan kota Tanah Merah selain bus Damri.

Merauke merupakan kabupaten terluas di Papua. Nama Merauke dikenal luas karena letaknya berada di ujung timur selatan Indonesia. Letak kabupeten ini berlawanan dengan Sabang, yang berada di ujung utara barat Indonesia.

Meskipun letaknya di ujung timur, akses ke Merauke terbilang mudah. Seiring dengan kemajuan kota dan perluasan bandar udara Mopah yang jadi pintu masuk utama, Merauke bisa diakses dengan pesawat-pesawat berbadan besar.

Sejumlah maskapai besar seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air membuka rute ke sana. Garuda Indonesia  bahkan punya rute langsung dari Jakarta dengan sekali transit di Jayapura. Sedangkan Lion harus transit di Makassar dan Jayapura.

Merauke punya sejumlah spot wisata yang menarik untuk dikunjungi, tapi yang paling ramai dibicarakan adalah Sota. Sebab, distrik yang berada sekitar 80 km dari pusat kota Merauke merupakan distrik paling timur di Indonesia.

“Perjalanan ke Sota memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam dengan mobil. Perjalanan tidak akan membosankan karena pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah”

Berkunjung ke Sota

Buat para backpaker yang mau berkunjung ke Sota, kalian bisa naik bus Damri dari terminal Wamanggu. Untuk sampai ke terminal itu, kalian bisa naik angkutan kota dengan harga Rp 5.000 (tahun 2016). Dari terminal Wamanggu kalian bisa naik bus Damri pukul 8.00 WIT menuju Sota dengan tarif Rp. 25.000 (Desember 2015).

Kalau bis Damri jurusan Sota penuh, kalian bisa naik bus jurusan Erambu Toray atau jurusan Muting pada pukul 08.00 WIT (ketiganya berangkat hampir bersamaan, tergantung penumpang), bus akan berhenti di titik transit Sota. Buat yang butuh info tentang Damri, catat nomor ini : Abraham Ngganggurop (Petugas terminal Wamanggu) 0852-4448-3778.

Untuk perjalanan kembali menuju kota, kalian bisa naik Damri jurusan Sota-Merauke yang berangkat sekitar pukul 11 atau 11.30 dari Sota. Ada juga bus jurusan Erambu Toray yang transit di Sota pukul 12 dan pukul 14.30. Biaya sama seperti saat berangkat, yaitu Rp 25 ribu. Tapi sejujurnya, jumlah Damri ini sangat sedikit.

Kalau mau lebih aman, kalian bisa sewa angkutan kota (taksi) dengan tarif sekitar Rp 400.000 atau naik mobil Hi Line (pick up 4WD) dengan harga sekitar Rp 1.5 juta perhari untuk muatan sekitar lima orang. Untuk info lebih lanjut, silakan menghubungi Ketua Himpunan Angkutan Hi Line, Edi Latumahina (0852-3211-1122).

Info diperkaya dengan data-data dari www.sotamerauke.com. Semoga bermanfaat!

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *