Menghirup Udara Segar Khas Pegunungan di Puncak Bukit Mangunan

Pemandangan pagi di puncak Bukit Mangunan.
Pemandangan pagi di puncak Bukit Mangunan.

Matahari belum sempurna menampakkan sinarnya. Saya dan Dendi adek saya bergegas mengarahkan motor ke daerah Imogiri, Bantul. Kali ini, kami berniat menikmati udara segar khas pegunungan di Bukit Mangunan. Sebuah perbukitan di selatan Yogyakarta.

Bukit Mangunan berada di dalam wilayah taman wisata Kebun Buah Mangunan. Untuk masuk dan melihat pemandangan dari atas bukit itu, pengunjung dimintai biaya masuk sebesar Rp 5.000. Tarif parkirnya adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Di puncak bukit itu, kita akan menemukan sebuah pelataran besar untuk berfoto sekaligus menikmati pemandangan di bawah bukit. Kalau datang di pagi hari, pemandangan di bawah bukit masih tertutup awan. Saat awannya hilang, kita akan melihat aliran Sungai Oyo.

“Uadem (dingin) banget mas bro. Nek ra poso aku wis nglepus ki (kalau nggak puasa saya udah ngerokok ni),” kata seorang pengunjung saat berbincang dengan temannya.

Untuk sampai ke Bukit Mangunan, pengunjung bisa berjalan ke arah Imogiri. Sesampainya di Imogiri, petunjuk jalan ke Bukit Mangunan sangat jelas. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Jogja. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan indah.

Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik ya. Soalnya, akses menuju Bukit Mangunan selepas Imogiri akan menanjak dan berkelok. Jangan sampai liburanmu sia-sia karena kendala teknis yang melanda kendaraanmu.

Oiya, kalau sudah mampir ke Bukit Mangunan, jangan lupa singgah ke Hutan Pinus Imogiri. Tempatnya bagus buat foto-foto, udaranya juga nggak kalah segar. Hutan pinus itu sempat mendunia karena keberadaan panggung alami di ruang terbuka.

Selamat jalan-jalan!

 

Share this article to Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *