Gudeg Jogja Itu Soal Rasa, Bukan Soal Nama

www.wego.co.id

Foto diambil dari www.wego.co.id
Foto diambil dari www.wego.co.id

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga akrab dengan sebutan Kota Gudeg. Maklum, gudeg adalah makanan khas dari Jogja.

Semua pasti tau gudeg. Sebab sayur dari buah nangka muda yang dimasak dengan campuran tempe, tahu, krecek, dan ayam itu sudah melegenda.

Banyak orang sengaja datang ke Jogja hanya untuk menikmati gudeg. Anehnya, mereka cuma mau makan gudeg yang namanya sudah dikenal.

Saat berkesempatan tinggal di Jogja beberapa waktu lalu, saya sempat mencicipi beberapa jenis gudeg. Saya rasa semuanya enak kok.

Menurut saya gudeg itu bukan soal nama, tapi soal rasa. Mau makan di restoran atau di emperan, selama itu di Jogja, saya pikir enaknya sama.

Yang membedakan kedua jenis itu hanya harganya. Gudeg ternama sudah pasti lebih mahal dari gudeg biasa. Porsi gudeg ternama juga relatif lebih sedikit.

Sebagai gambaran, gudeg di pinggiran jalan biasa dijual dengan harga Rp 10.000 perporsi. Sedangkan gudeg ternama dijual dengan harga Rp 15-20.000.

Saran saya, kalau mampir ke Jogja jangan cuma terpaku sama gudeg-gudeg ternama. Gudeg di pinggir-pinggir kota juga nggak kalah enak kok!

Selamat berwisata!

Share this article to Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *