Mencoba Mie Ayam Afui, Mie Primadona Mahasiswa Jogja

Ini dia Mie Ayam Afui yang legendaris di kalangan mahasiswa Jogja
Ini dia Mie Ayam Afui yang legendaris di kalangan mahasiswa Jogja.

Singgah di Jogja kurang lengkap kalau belum kulineran di sana. Mungkin selama ini orang-orang cuma mengenal Jogja dengan gudeg, bakpia, atau ampyang aja. Padahal, ada banyak ragam kuliner yang pas untuk memanjakan lidah sambil jalan-jalan di sana. Salah satunya adalah mie ayam. Beneran, di Jogja itu ada banyak banget mie ayam enak!

Lewat tulisan kali ini, saya mau bahas sedikit soal Mie Ayam Afui. Mie Ayam Afui ini adalah mie ayam asal Palembang yang selalu jadi favorit mahasiswa di Jogja. Khususnya mereka yang berkuliah di sekitar Babarsari, conyohnya mahasiswa UPN Veteran, mahasiswa Atma Jaya, dan masih banyak lagi. Soalnya, letak kios mie ayam ini memang ada di Babarsari.

Pasti banyak yang bertanya, apa sih spesialnya mie ayam ini? Yang paling membedakan mie ayam ini dengan yang lainnya adalah jenis mie dan juga porsinya. Mienya bukan kayak mie ayam yang biasa dijual di gerobak atau di warung-warung bakso. Mienya kelihatan dibikin sendiri. Ketebalan dan gurihnya beda banget pokoknya.

“Kalo mau ke Afui jangan makan dulu paginya. Kekenyangan lu entar, malah nggak abis mienya ntar,” kata Dendi, adik saya.

Nah kalau porsinya, mie ayam ini menjual berbagai macam jenis berdasarkan porsi. Mulai dari porsi mie ayam biasa sampai yang paling gede itu porsi monster. Ukurannya kira-kira empat kali mie instan. Biasanya mie ayam ini disajikan dengan berbagai macam tambahan, bisa pangsit, jamur, bakso, tekwan, kerupuk, dan beberapa pilihan lainnya.

Mie ayam ini juga laris karena harganya terbilang murah. Untuk mie ayam biasa harganya Rp 6.000. Untuk mie ayam monster harganya Rp 20.000. kalau mau mie ayam dengan porsi banyak tapi nggak kebanyakan, coba pilih porsi jumbo. Harganya sekitar Rp 9.000. Kalau kurang bisa tambahin bakso goreng (Rp 1.000) atau pangsit (Rp 6.000).

Kalau penasaran, datang aja langsung ke sana. Mie ayam itu ada di Jl. Tambak Bayan, Caturtunggal, Babarsari. Gang masuknya nggak jauh dari flyover Janti. Saran saya sih, kalau memang mau coba makan mie ayam porsi besar di sini, datang lah saat perut kita benar-benar kosong. Karena kalau nggak gitu, nggak akan muat di perut.

Selamat mencoba!

 

 

Share this article to Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *