Menikmati Sisi Lain Merapi dari Ketep Pass

Pengunjung berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi

Pengunjung berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi

Banyak cara bisa dilakukan untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dari jarak dekat, salah satunya dengan melakukan pendakian ke puncak gunung yang masuk dalam wilayah Yogyakarta, Magelang, dan Boyolali itu.

Tapi buat kamu yang nggak punya nyali besar untuk melakukan pendakian langsung ke puncak Merapi, jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa melihat keindahan Merapi dari Kaliurang di Sleman atau dari Ketep Pass di Magelang.

Kali saya akan bahas soal Ketep Pass dulu. Ketep Pass merupakan kawasan wisata yang terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Kalau ditarik garis lurus dari puncak Merapi, letak Ketep Pass sekitar 10 kilometer arah utara.

Selain menyajikan wisata pemandangan Merapi, Ketep Pass juga memiliki Volcano Centre yang berisi diorama, kumpulan foto, serta beragam informasi mengenai letusan Merapi tempo dulu hingga letusan terbaru pada 2010.

Semua letusan itu terekam jelas dalam foto-foto yang terpampang di dinding Volcano Centre. Di Ketep Pass, kamu juga bisa melihat miniatur Merapi dalam wujud tiga dimensi yang ada di bagian tengah bangunan Volcano Centre.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.500 perorang, kamu bisa melihat langsung keindahan Merapi sekaligus mempelajari sejarah panjang gunung berapi dengan ketinggian mencapai 2.987 meter tersebut.

“Selain bisa menikmati keindahan Merapi, saya juga sambil belajar sejarah letusan Merapi. Ngeri juga ya setelah melihat gambar-gambar di sini. Ternyata dahsyat banget letusannya,” kata Sesa, pengunjung dari Bekasi,

Ketep Pass juga punya bioskop mini berkapasitas 76 kursi. Bioskop ini memutar film dokumenter singkat mengenai fenomena letusan Merapi serta hubungannya dengan masyarakat dan budaya di sekitarnya.

Untuk menikmati film berdurasi 22 menit itu, kamu harus bayar biaya tambahan sebesar Rp 7.000 perorang. Terakhir saya ke sana, dokumenter itu bercerita tentang letusan maha dahsyat Merapi yang terjadi tahun 2010.

Dari Ketep Pass, bukan hanya Gunung Merapi dan Merbabu yang bisa kamu dilihat. Kalau datang pas cuaca bagus, kamu juga bisa melihat secara langsung keindahan Gunung Sumbing, Sindoro, dan Slamet di sebelah barat.

Ketep Pass bisa diakses dari dua arah, melalui jalur utara dari arah Semarang dan jalur selatan dari arah Yogyakarta. Nggak perlu khawatir tersesat, petunjuk ke obyek wisata ini sangat jelas terpampang di sepanjang jalan.

Selamat berlibur teman-teman semua!
*Tulisan ini juga tayang di Kompasiana.

Share this article to Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *