Memacu Adrenalin di Gunung Batu Jonggol

Pemadangan di puncak Gunung Batu Jonggol.
Pemadangan di puncak Gunung Batu Jonggol.

Ramainya posting soal Gunung Batu di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor, membawa saya pergi ke sana. Selain karena jaraknya hanya dua jam dari Jakarta, gunung ini juga menyajikan pemandangan yang indah plus tantangan ekstrem buat memacu adrenalin.

Gunung Batu memiliki ketinggian 875 meter dari permukaan laut. Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan rute Jakarta-Cileungsi-Jonggol-Mengker-Gunung Batu. Jarak tempuhnya kurang lebih 55 kilometer dari Jakarta.

Selain pemandangan indah di puncak gunung, kamu juga menikmati keindahan alam pedesaan di sepanjang jalan menuju Gunung Batu. Kamu bisa melihat kebun durian dan perkebunan warga lokal di sisi kiri dan kanan jalan.

Jalan raya ini juga sering menjadi alternatif menuju Puncak, Bogor. Kalau berniat ke sana, jangan lupa memastikan kendaraan dan fisikmu dalam kondisi prima. Soalnya, kamu akan menemui tanjakan yang cukup curam dan panjang.

“Perjalanan menuju Gunung Batu sangat mengasyikkan. Meski trek menanjak terjal, rasa lelah Anda bisa terbayar dengan pemandangan indah di puncak gunung,” kata Ridho Cahyo Utomo, pengunjung asal Jakarta.

Trek yang terjal, menanjak, dan minim pepohonan membuat perjalanan ke puncak gunung terasa melelahkan. Oleh karena itu, jangan lupa membawa bekal air mineral yang cukup karena tidak ada sumber air di Gunung Batu.

Pendakian Gunung Batu tidak dikenakan biaya masuk. Kamu cukup membayar parkir kendaraan. Pengguna motor akan dikenai biaya sebesar Rp 3.000 untuk parkir, sedangkan biaya parkir mobil mencapai Rp 10.000.

Setelah menikmati indahnya pemandangan dari puncak Gunung Batu, jangan lupa menikmati kenikmatan durian lokal yang dijajakan para pedagang di sepanjang jalan menuju Gunung Batu. Bulan-bulan yang pas untuk berkunjung antara Maret-Agustus.

Rute Perjalanan:

  1. Bagi Anda yang datang dari arah Jakarta, Depok, Tangerang, atau Bekasi, silakan ambil jalan menuju Jl. Transyogi Cibubur lalu dilanjutkan ke arah Cileungsi dan Jonggol lewat depan tempat wisata taman buah Mekarsari.
  2. Setelah memasuki kawasan Jonggol, Anda akan menemui banyak petunjuk jalan. Jangan khawatir, pilihlah jalan ke arah Cianjur. Silakan bertanya dimana letak Kampung Mengker, yang dilewati jalan utama Jonggol-Cianjur.
  3. Setelah memasuki Kampung Mengker, Anda akan menemui Indomart Sirna Galih di sisi kiri jalan raya. Indomart ini menjadi patokan Anda untuk berbelok ke kanan memasuki gang kecil menuju jalan utama ke Gunung Batu.
  4. Setelah berbelok kanan, ikuti jalan lurus tersebut. Anda bisa mengikuti petunjuk menuju boarding school Nizamia Andaluia. Jalan itu mengarah langsung ke kaki Gunug Batu. Jaraknya kira-kira 15 kilometer.
  5. Untuk lebih mudah, silakan gunakan GPS dengan keyword “Gunung Batu, Sukaharja, Sukamakmur”. Selamat berlibur! Buanglah sampah pada tempatnya dan tetap jaga kelestarian alam ya!

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *