Mau Liburan ke Luar Negeri? Jangan Lupakan Tiga Hal Kecil Ini

Budapest 1 travelusmuliawan.com
Budapest 1 travelusmuliawan.com
Bersantai sambil menikmati pemandangan Sungai Danube.

Sudah hampir setahun berlalu sejak saya ditugasin meliput GP2 Series Hungaria akhir Juli 2015 kemarin. Selain bisa menginjakkan kaki di Eropa untuk pertama kalinya, penugasan itu semakin spesial karena bertepatan dengan ulang tahun saya yang ke-24.

Berkat perjalanan super penting itu, saya juga membawa pulang oleh-oleh spesial dari benua biru. Oleh-oleh itu adalah pelajaran dan pengalaman berharga yang saya dapat sejak mulai berangkat sampe saya menginjakkan kaki lagi di rumah.

Salah satu pelajaran penting yang saya dapat adalah soal perbekalan. Buat yang mau berlibur ke luar negeri, usahakan agar menyiapkan perbekalan dengan baik. Jangan sampai rencana liburan seru itu rusak karena persiapan nggak maksimal.

Paspor, ponsel, dan uang sudah pasti jadi barang wajib yang tidak mungkin ditinggalkan saat ingin berlibur di luar negeri. Tapi, pasti ada aja beberapa hal kecil yang sering luput dalam persiapan sebelum ke luar negeri. Apa saja sih hal-hal itu?

“Sebelum pergi jauh ke Eropa, siapkanlah perbekalan dengan baik”

Yang terpenting adalah ketahui kondisi cuaca di negara yang akan dituju

Banyak orang yang baru akan pergi ke luar negeri untuk pertama kali sering melupakan kondisi cuaca atau musim di negara tujuan. Padahal, pengetahuan mengenai cuaca ini sangat penting.

Dengan mengetahui cuaca di negara tujuan, kalian tidak akan salah menyiapkan perbekalan. Contoh, jika negara tujuan sedang mengalami musim dingin, tentu kalian harus menyiapkan jaket dan pakaian tebal.

Jangan sampai kalian membawa jaket terlalu banyak kalau ternyata negara yang kalian tuju sedang memasuki musim panas. Nah, disinilah pengetahuan mengenai kondisi cuaca terbaru dibutuhkan.

Untuk mengetahui cuaca di negara lain sangat gampang. Saat ini, hampir ponsel pintar menyediakan widget dengan fitur yang menunjukkan kondisi cuaca saat ini dan bisa memberikan ramalan beberapa hari ke depan.

“Liburan yang maksimal adalah buah dari persiapan yang matang”

Selain cuaca, perhatikan juga nilai tukar mata uang setempat

Pengetahuan mengenai nilai tukar mata uang terbaru juga tak kalah penting dalam persiapan sebelum ke luar negeri. Jangan sampai kalian merasa dirugikan saat menukarkan uang dengan mata uang negara tujuan.

Berdasarkan pengalaman saya, informasi mengenai nilai tukar ini sangat penting sebagai pertimbangan sebelum menukarkan uang. Sebab, biasanya setiap money changer punya perhitungan yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui nilai tukar mata uang terbaru kalian bisa dicek langsung di situs www.xe.com. Semua nilai tukar dan informasi tentang mata uang tersedia lengkap di situs tersebut. Coba deh dicek.

“Pokoknya jangan sampai liburan kita kacau gara-gara kurang persiapan”

Ini dia yang paling sering dilupain, steker alias colokan

Setelah menyiapkan perbekalan dan mencatat tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi, jangan langsung menutup koper kalian. Pastikan kalian telah memasukan colokan listrik ke dalam koper sebelum berangkat liburan.

Colokan listrik alias steker menjadi salah satu barang yang sering dilupakan. Ukurannya memang kecil, tapi fungsinya sangat besar. Setiap negara punya jenis yang berbeda-beda.

Makanya, sebelum berangkat liburan cari tahu dulu colokan jenis apa yang dipakai. Untuk mengetahuinya sangat gampang, tinggal googling dengan kata kunci ‘colokan plus negara tujuan’. Selamat mencoba, semoga berhasil!

*Tulisan ini juga tayang di Kompasiana

Baca artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *